Monday, March 22, 2010

Bijaksana Dalam Berbagai Situasi Lalu Lintas

Dikutip dari : http://www.honda-tiger.or.id/forum/archive/bijaksana-dalam-berbagai-t14755.html

Berikut sebuah adaptasi lagi, dari artikel menarik yg ditulis Steve Eilertsen
tentang cara-cara yg lebih baik menghadapi berbagai situasi saat berkendara dng motor

strategi berkendara dng motor sangatlah berbeda dng strategi mengemudi mobil
mobil menggunakan hampir seluruh jalur, sementara motor punya pilihan utk berkendara di sisi kiri, kanan, atau malah tengah jalur

berikut beberapa ilustrasi dimana para biker bisa memilih jalur yg lebih bijaksana
filosofinya adalah dng membuat motor dan pengendaranya jadi lebih terlihat
dan selalu memiliki jalur alternatif bila terjadi situasi yg membahayakan


1. Mobil dari arah berlawanan yang akan mendahului
http://www.flamesonmytank.co.za/Traffic/oncoming.gif
mobil C ingin mendahului mobil D
motor (kuning) harus sadar dan memahami situasi ini !
perhatikan gelagat mobil C yang dijalankan dekat sekali dng D dan berada di posisi lebih ke tengah

jika motor kuning tersebut tetap berada di jalur tengah, maka mobil C akan lebih sulit melihatnya
itu kenapa, motor kuning lebih aman bila berpindah jalur, dari B ke A
bahkan, bila ragu, silahkan kedipkan dim beberapa kali


2. Mobil dari arah berlawanan yang akan berbelok di depan kita
http://www.flamesonmytank.co.za/Traffic/turninfront.gif
mobil merah dari arah berlawanan akan berbelok di depan motor kuning
pengendara motor harus yakin bahwa pengemudi mobil merah mengetahui keberadaannya

saya tidak begitu menyukai alur warna ungu dari A ke B,
pengendara mobil merah kemungkinan besar sedang fokus melihat ke titik A
berpindah ke titik B cuma akan "mengeluarkan" motor dari perhatian si pengemudi mobil

jalur berwarna hitam lebih aman, berkendaralah terus menuju "mata" si pengemudi
jika saya tidak bisa melihat matanya, saya tau dia tidak melihat saya, dan saya akan siap melakukan pengereman


3. Mobil masuk jalur dari sisi jalan
http://www.flamesonmytank.co.za/Traffic/sideroad.gif
sebelum masuk jalur, pengemudi mobil merah perlu melihat ke arah lalu lintas yang aktif
termasuk memperhatikan ada motor kuning

pengendara motor kuning sebaiknyalah mengambil jalur warna hitam (ke titik A) dibanding warna ungu (ke B)
jalur ungu adalah jalur buruk yg cuma akan membuat pengemudi mobil kesulitan melihat motor
apalagi bila pandangan terhalang sesuatu di titik C

4. Mengungunakan mobil sebagai pelindung
http://www.flamesonmytank.co.za/Traffic/shield.gif
dalam situasi ini, mobil dan motor melaju menuju sebuah persimpangan,
sementara ada mobil lain dari arah berlawanan yang akan membelok di depan mereka

saya tidak begitu suka utk menguntil mobil di titik A, krn saya akan tak terlihat oleh mobil yg akan berbelok
bisa jadi dia akhirnya berbelok tiba2 setelah mobil di depan saya dan akan menabrak saya
saya memilih utk bergerak di sisi mobil dan menjadikan mobil sebagai pelindung
tapi hati2 ya, jangan berada di sisi blind spot mobil tsb, krn malah akan membuat bahaya baru


5. Mengeksploitasi celah dalam keramaian
http://www.flamesonmytank.co.za/Traffic/exploitholes.gif
berkendara dng baik kadang terlihat seperti agresif
biker harus secara konstan mencari celah2 aman di antara ramainya lalu lintas
gunakan ekses tenaga dan kemampuan manuver motor utk mengeksploitasi celah tsb

seperti dalam ilustrasi, dng asumsi bahwa semua mobil merah berkendara dng kecepatan yg mirip2
motor kuning harus menambah kecepatan utk pindah dari titik A ke titik B


6. Tanjakan yg membahayakan
http://www.flamesonmytank.co.za/images/blind_rise.gif
saat melewati tanjakan yang membuat kita tidak bisa melihat lalu lintas dari arah berlawanan
kita harus berpikir bahwa kendaraan2 dari arah berlawanan pun tidak bisa melihat kita
situasi ini akan membahayakan jika ada kendaraan dari arah berlawanan yg menggunakan jalur agak ke tengah
(misalnya saat ingin melewati kendaraan lain)
utk itu, sebaiknyalah, motor bergerak ke salah satu sisi jalan, utk menghindari kemungkinan "adu kambing"

2 comments: