Astra Honda Motor (AHM) siap meluncurkan dua produk baru hingga akhir tahun, untuk mengejar target pangsa pasar sebesar 47%. Pada 2009, pangsa pasar ditargetkan naik menjadi 48%, dari 2,8 juta unit menjadi 3,2 juta unit.
"Kami akan memperkuat citra produk dan meluncurkan model baru yang lebih stylish, sporty, cool dengan harga kompetitif untuk memacu penjualan tahun depan," ujar Direktur AHM Julius Aslan, dalam acara workshop wartawan industri, di Subang, Jumat (29/8).
Julius mengakui pangsa pasar Honda saat ini jauh di bawah pencapaian 2006 sebesar 52%. Di sisi lain, Yamaha sebagai rival utama Honda sukses meningkatkan pangsa pasar dari sekitar 21% menjadi 39% pada 2007.
Menurut Julius, merosotnya pangsa pasar disebabkan belum adanya model baru yang mampu menampung aspirasi pasar. Makanya pada tahun ini AHM meluncurkan lima produk baru sekaligus. Beberapa model yang telah diluncurkan seperti New Revo, CS1, Honda Beat, dan dua model lagi akan menyusul pada sisa tahun ini.
Agresifitas AHM menggenjot pasar, terbukti mampu mendongkrak penjualan AHM hingga 58% per Juli 2008, menjadi 1.684.492 unit dibanding periode sama tahun lalu yang hanya 1.066.592 unit.
"Pangsa pasar naik tajam dari 43% menjadi 46,4%. Kami optimis bisa mencapai 47% pada akhir tahun ini, menyusul dengan akan dilepasnya dua model tambahan," papar Julius.
Ia menuturkan, lonjakan penjualan tersebut merupakan buah dari strategi agresif perusahaan sejak awal tahun. Selain itu, imbuhnya, pasar sepeda motor nasional melonjak 46% per Juli 2008 menjadi 3,63 juta unit dari periode sama tahun lalu sebesar 2,4 juta unit.
"Prediksi total pasar sampai akhir tahun 6 juta unit dari 4,7 juta unit. Target penjualan Honda sampai akhir 2008n sebesar 2,8 juta unit," ungkap dia.
Ia menilai, lonjakan pasar sepeda motor dipicu melambungnya harga komoditas primer terutama di lua Jawa-Bali. Pertumbuhan total sepeda motor di luar Jawa-Bali tumbuh sebesar 60%. Sementara di Jawa-Bali hanya mampu berada mengambil porsi 27%.
"Pertumbuhan penjualan kami di Jawa-Bali mencapai 35% dan di luar Jawa-Bali sebesar 75%," terangnya.
Ia menambahkan, AHM mengincar 50% pasar motor dalam dua tahun mendatang untuk merebut kembali posisi pasar yang pernah mencapi 52% pada 2006. Untuk itu, target 48% pangsa pasar pada tahun depan harus dicapai.
Julius mengaku, kapasitas produksi AHM saat ini sanggup memenuhi target 3,2 juta unit. Meskipun saat ini kapasitas produksi hanya mampu 3 juta unit. Saat ini AHM masih menjadi pemimpin pasar sepeda motor nasional, dibuntuti oleh Yamaha dengan pangsa pasar 39,1% dan Suzuki 13,6%.
"AHM akan mengejar target dengan cara lembur dan mengatur shift kerja karyawan. Sehingga tidak perlu investasi baru," ucapnya.
Di sisi lain, AHM memprediksi pasar sepeda motor 2009 dapat naik 10% menjadi 6,6 juta unit, seiring dengan stabilnya kondisi makroekonomi dan masih tingginya harga komoditas. (MI)
sumber : http://www.indonesianracing.com/review/detail/2008/08/31/astra-honda-motor-siap-luncurkan-dua-produk-baru.html
Program Mahasiswa KKN UNIB ke 60 Th. 2010
14 years ago
No comments:
Post a Comment